Sabtu, 13 April 2013

Pengukuhan PPS se-Kabupaten Malang

  

Sabtu, tanggal 13 April 2013, anggota PPS se-Kecamatan Kromengan bersama dengan PPS – PPK se-Kabupaten Malang mengikuti Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu DPR, DPD dan DPRD se Kab. Malang dan Istighosah dalam rangka menyambut / launching Pemilukada Provinsi Jawa Timur Tahun 2013. Acara dilakasanakan di halaman kantor KPU Kabupaten Malang jl. Panji No. 119 Kepanjen – Malang.

Pada acara tersebut Ketua PPS desa Peniwen bapak Suko Hardono, S.Pd mendapat kehormatan untuk mewakili pengukuhan teman – teman PPS se kab. Malang. Pengukuhan dilakukan oleh ketua KPU Kab. Malang bapak Abdul Holik disaksikan ketua DPRD dan bupati Malang bapak Rendra Kresna.
Dalam sambutannya ketua KPU kab. Malang mengajak PPS untuk memahami tupoksi untuk menjadi penyelenggara pemilu yang handal di tingkat desa. Lebih lanjut bapak Holik menyampaikan bahwa sedapat mungkin mekanisme pengambilan keputusan yang diambil lebih mengedepankan musyawarah mufakat dari pada voting. Model tersebut juga dilakukan di KPU kab. Malang. Mekanisme ini diharapkan akan meningkatkan soliditas organisasi PPS. Sambutan ditutup dengan mengingatkan bahwa beban pemilu legislatif tahun 2014 berbeda dengan pemilu terakhir yang tahun kemarin dilakukan yaitu pemilukada kab. Malang. Gus Holik menutup sambutan dengan penyampaian putusan MK tentang hak pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya meskipun tidak terdaftar dalam DPT, asalkan dapat menunjukkan identitas yang valid. Sehingga isu DPT pada saat ini sudah bukan merupakan isu yang dapat dipolitisir.
Pada sambutan kedua, Ketua DPRD kab. Malang mengungkapkan bahwa PPS merupakan garda terdepan penyelenggaraan pemilu yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk itu sikap netral, jujur dan adil. Beliau juga berpesan pentingnya kehati – hatian dalam melakukan pendataan pemilih yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
Acara Pengukuhan PPS ditutup dengan sambutan Bupati Malang bapak Rendra Kresna yang pada kesempatan ini mengucapkan selamat dan sukses kepada PPS se-kabupaten Malang. Beliau berpesan agar PPS bekerja dan berjuang secara ikhlas. PPS merupakan salah satu kunci sukses Pemilu sehingga harus mempunyai kesiapan untuk bekerja secara adil, tertib dan cermat, mempunyai komitmen terhadap sumpah yang diucapkan. PPS juga harus bekerja secara profesional dan amanah. Jika hal – hal tersebut telah dilakukan maka harapan besar pemilu yang lancar, aman dan damai akan terwujud di Kabupaten Malang.
Kegiatan Pengukuhan ditutup dengan Istighosh dan doa bersama untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu khususnya di wilayah kabupaten Malang, dan republik Indonesia Umumnya (tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar